JASHFEST 2019

Join Our Exhibitor

Mari bergabung bersama kami di pameran Jakarta Syariah Halal Festival 2019

Download Saleskit Exhibitor JASHFEST 2019 di bawah ini
Untuk informasi dan/atau keikutsertaan dapat mengisi form pendaftaran online

Contact Person :
+62858 1991 1102 (Makmur)
+62812 8861 7577, +62817 4975 311 (Mattz)
+62812 9107 0399 (Yudi)
Email Event: jashfest.confex@gmail.com

<We_can_help/>

What are you looking for?

>Berita Syariah >5 Fakta Menarik Ekonomi Syariah, dari Indonesia Hingga Mendunia!

5 Fakta Menarik Ekonomi Syariah, dari Indonesia Hingga Mendunia!

Siapa bilang Indonesia tidak bisa dibanggakan? Negara tercinta kita ini telah melahirkan putra-putri bangsa yang menjadi ahli dalam berbagai bidang lho, Quipperian! Berbagai prestasi diraih oleh banyak putra-putri bangsa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Tidak terkecuali dalam ranah Keuangan dan Ekonomi Syariah, Indonesia menjadi 10 besar dengan pertumbuhan Ekonomi Syariah terbaik di dunia! Di Indonesia, perkembangan Ekonomi Syariah memang telah mengalami kemajuan yang pesat, Quipperian. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, menjadikan perkembangan yang sangat pesat di bidang ini. Hal tersebut terlihat dari banyak berkembangnya lembaga perbankan dan juga lembaga-lembaga Islam non-bank lainya, serta berkembangnya pembelajaran tentang Ekonomi Syariah yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Berbagai fakta menarik perlu kamu ketahui terkait pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia. Bahkan, negara kita ini unggul dan berhasil menduduki posisi pertama di tingkat dunia.

5 Fakta Menarik tentang Ekonomi Syariah di Indonesia:

1. Indonesia berada di posisi pertama dan terbesar di dunia dari sisi jumlah perbankan syariahnya.

Quipperian perlu tahu, bahwa di Indonesia terdapat 13 bank umum syariah, 23 bank dengan unit usaha syariah, 164 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah, 5.000 Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), dan + 40 asuransi syariah. Dari perkembangan tersebut, Dr. M. Syafii Antonio (Pembina Kampus STEI Tazkia), mewakili Indonesia diundang oleh Kampus Oxford untuk membahas tentang perkembangan yang ada. Beliau adalah salah satu tokoh dunia yang berkontribusi besar untuk perkembangan keuangan Islam di dunia, khususnya di Indonesia. Hal ini dapat membuktikan bahwa Ekonomi Syariah di Indonesia sudah diakui oleh dunia, bukan?

2. Indonesia berada di posisi pertama dan terbesar konsumen keuangan syariah di dunia.

Jumlah nasabah perbankan syariah menyentuh angka 17 juta nasabah dan nasabah asuransi syariah mencapai 3,5 juta, sehingga totalnya menjadi 20,5 juta. Jumlah ini sama dengan lima kali lipat jumlah penduduk di Singapura, enam kali lipat penduduk Selandia Baru, dan hampir sama dengan penduduk Arab Saudi. Jadi tidak heran ya, kalau Indonesia adalah the biggest player & biggest customer!

3. Indonesia juga berada di posisi pertama dengan jumlah dewan pengawas syariah terbesar di dunia, sebanyak 238 orang yang sudah terserfikasi Level 1, lho!

4. Indonesia berada di posisi pertama dengan jumlah bankir syariah terbesar di dunia, dengan jumlah bankir syariah sebanyak 20.000 bankir. Wow, banyak banget ya, Quipperian!

5. Indonesia berada di posisi pertama dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak yang menawarkan Program Studi Ekonomi Syariah di dunia.

Dan Quipperian tahu tidak, ternyata terdapat kampus yang sangat berpengalaman di bidang Ekonomi Islam, lho! Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia (STEI Tazkia) yang terletak di Sentul City menjadi kampus satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia yang memiliki berbagai keunggulan. Ada 5 keunggulan STEI Tazkia yang wajib kamu ketahui jika kamu tertarik kuliah di bidang Ekonomi Islam atau Syariah. Apa saja keunggulannya? Baca terus ya!

5 Keunggulan STEI Tazkia Yang Wajib Kamu Ketahui:

1. STEI Tazia merupakan kampus pertama dengan kekhususan Ekonomi Syariah di Indonesia.
2. Kampus ini telah melahirkan 15 Bank Syariah di Indonesia, mulai dari Bank Susilo Bakti menjadi Bank Syariah mandiri, hingga bank syariah lainnya.
3. Kampus ini juga memiliki desa binaan keuangan mikro islam di Indonesia dan dunia.
4. Kampus ini merupakan kampus yang memiliki asuransi syariah pertama di Indonesia dan dunia.
5. STEI Tazkia juga memiliki aset manajemen syariah sendiri di Indonesia dan dunia.

Dengan fakta di atas, STEI Tazkia memiliki tugas besar dalam mencetak para expert di bidang keuangan syariah, Quipperian. Hingga kini, sudah lebih dari 80 negara mengembangkan Ekonomi Syariah, namun Indonesia-lah yang paling besar untuk beberapa hal. Dari banyak kampus di Indonesia yang menawarkan keuangan syariah, STEI Tazkia menjadi satu-satunya kampus yang memiliki keistimewaan di atas. Kampus ini dapat menjadi laboratorium riset mahasiswa yang bisa dioptimalkan untuk menjadi expert di seluruh dunia. Quipperian tertarik?

Ayo menjadi pakar keuangan dan ekonomi syariah untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia dengan bergabung menjadi mahasiswa STEI Tazkia! Segera isi formulir di bawah ini, ya!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/ekonomi-syariah-indonesia-dunia/

Add Comment